follow me

Panduan Dalam Situasi: Ketika Uang & Kartu ATM Masih Di Mesin ATM "Error Gangguan"


Ulasan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri ketika melakukan transaksi tarik tunai di salah satu mesin ATM yang bekerja sama dengan bank penerbit dari kartu yang saya gunakan. Awal proses penarikan seperti biasa (masukan kartu, pin, pilih nominal dan proses). Tetapi satu menit kemudian tidak ada suara mesin ATM memproses transaksi penarikan saya, akhirnya saya coba tekan tobol "CANCEL" untuk mengeluarkan kartu. Setelah dua kali menekan tombol, kartu berhasil keluar dan langsung muncul tulisan "Gangguan ...", saya kembali ke tempat parkir motor saya. Karena dalam pikiran saya saat itu "yang penting kartu bisa keluar dulu".

Baca juga: Mobile Tunai: Kemudahan Hingga Kelebihan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM

Sampai di sini saya tidak telepon call center karena nomor saya hanya ada paket internet. Karena terkait mobile banking, saya coba cek transaksi terakhir dan benar saja tarik tunai berhasil tapi uang tidak keluar dari mesin ATM. Akhirnya saya putuskan untuk pulang ke rumah dan cek lagi tertera lima menit setelah transaksi gangguan saldo sudah kembali ke rekening.

Bagaimana jika tidak terkait mobile banking?

Untuk yang tidak terkait mobile banking, coba cek kartu dengan mesin ATM lain. Beda bank tidak masalah, asalkan salah satu logo yang bekerja sama di kartu juga tertera di mesin ATM (seperti mastercard, maestro, cirrus, dll.) atau bisa membawa buku rekening ke kantor bank penerbit terdekat pada jam operasional untuk di cek.


* Catatan: pengetikan kata "mesin ATM" memang terlihat kurang baku karena mengandung arti & kata yang berulang, seharusnya cukup"mesin tarik tunai" atau "ATM" saja. Hal ini saya maksudkan agar mudah dipahami bagi yang memiliki keterbatasan pemahaman dengan ulasan yang saya sampaikan.